Belajar dari cerpen persahabatan

Category:
Cobalah Anda berjalan-jalan ke toko buku dan perhatikan, tema cerita apa yang paling menghiasi kisah di dalam buku yang berjejer rapi di lemarinya? Tentu saja, tema cinta selalu mendominasi. Padahal tema buku tentang persahabatan juga tidak kalah menarik untuk dibaca. Oleh karena kurang banyaknya tersedia buku dan cerpen tentang persahabatan. Kita akan kesulitan menemukan contoh cerpen persahabatan.
Contoh cerpen persahabatan sangat diperlukan bagi mereka yang ingin menulis cerpen dan novel dengan tema persahabatan. Jika kawan semua ingin belajar membuat cerpen persahabatan, saya akan memberikan sedikit cuplikan tulisan yang ada dalam contoh cerpen persahabatan.
Tips Dan Cuplikan Singkat Contoh Cerpen Persahabatan
Dalam membuat contoh cerpen persahabatan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena dari segi gaya bercerita pasti berbeda dengan cerita cinta.
  1. Dalam cerpen persahabatan Anda harus menuliskan ritual-ritual persahabatan yang unik dan kelak bisa menjadi konflik antar sahabat. Misalkan ritual nonton DVD bareng sambil maskeran atau ritual bermain bola basket di sore hari. Contohnya seperti ini :

    “Setelah pertengkaran dengan Santi hatiku rasanya sakit. Belum pernah aku merasa sangat dikhianati seperti itu. Sejak kecil hanya dialah yang mau berteman denganku. Dialah sahabatku satu-satunya yang sangat berarti bagiku. Tapi kini bahkan kita tak bisa lagi membuat contoh cerpen persahabatan bersama-sama. Biasanya mala mini dia ada di kamarku, maskeran bersama dan nonton DVD. Tapi, ah… semua sudah hilang.”
  2. Ketika membuat cerpen persahabatan, sebaiknya tokoh sahabatnya jangan terlalu banyak. Karena cerpen bersifat pendek dan konfliknya padat. Cukup 1 atau 2 sahabat saja untuk dijadikan konflik. Contoh cerpen persahabatannya seperti ini :

    “Deni tidak mau lagi menatap Danu, begitu juga dengan Galuh. Mereka berdua melewati Danu dengan dingin. Danu sendiri tak lagi merasakan kehangatan persahabatan mereka bertiga.”
  3. Contoh cerpen persahabatan yang lain adalah harus ada konflik yang biasa terjadi dalam persahabatan. Misalkan merebut pacar, melupakan hari ulang tahun sahabatnya, tidak menjenguk sahabatnya yang sedang sakit, atau membocorkan rahasia terdalam pribadi sahabatnya.

    Hal-hal seperti itu dapat dijadikan konflik utama dalam membuat contoh cerpen persahabatan. Tetapi ingat, jangan terlalu bertele-tele dalam membuat konflik. Untuk satu cerpen, cukup satu konflik saja yang dikembangkan.
  4. Hal yang harus dibahas lagi dalam membuat contoh cerpen persahabatan adalah gaya bahasa. Menceritakan dua orang yang bersahabat tentu berbeda dengan menceritakan dua orang kekasih.
Semoga tips-tips ringan seputar contoh cerpen persahabatan di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang baru saja mau mulai menulis cerpen tentang persahabatan. Karena persahabatan yang tulus di zaman ini sudah sangat langka. Dan semoga dengan adanya cerpen persahabatan akan membuat pembacanya tergugah hati untuk selalu menjaga dan merawat persahabatan.

0 Responses to "Belajar dari cerpen persahabatan"

Posting Komentar

Next Prev home