Breadboard Power Supply (3,3V dan 5V)

Category:
breadboardps1
Bagi para pecinta elektronika pasti tidak asing dengan alat yang namanya Breadboard.Breadboard merupakan suatu papan prototipe elektronika yang terbuat dari bahan plastik dimana pada papan tersebut terdapat lubang-lubang (untuk penempatan kaki-kakikomponen elektronika) yang tersusun dengan ukuran grid tertentu yang saling berhubungan.
breadboardps2
Papan ini sangat berguna untuk mencoba suatu rangkaian elektronika yang telah kita rancang, apakah telah sesuai dengan apa yang kita inginkan sebelum rangkaian elektronika tersebut dibuat PCB-nya. Contoh penggunaan Breadboard bisa dilihat pada gambar berikut ini.
breadboardps3

Inspirasi Breadboard Power Supply

Proyek elektronika kali ini adalah membuat Breadboard Power Supply sederhana menggunakan IC Regulator LM317 yang di-set untuk dapat menghasilkan keluaran tegangan sebesar 3,3V dan 5V. Proyek ini terinspirasi dari produk "Bread Board Power Supply Stick" milik Sparkfun, dengan PCB yang didesain ulang agar sesuai denganBreadboard yang saya gunakan yakni Breadboard tipe Pro-ject Board GL No. 12 dari K and H Products (merek umum yang dijual di toko-toko elektronika).
breadboardps4
Jika rangkaian original menggunakan komponen SMD (Surface Mount Device) yakni komponen yang di solder pada permukaan PCB tanpa melalui lubang, sedangkan komponen pada proyek ini menggunakan komponen “Through Hole”, yakni komponen elektronika yang disolder melalui lubang pada PCB.

Skema Rangkaian Breadboard Power Supply

breadboardps5
Bagian penting dari Breadboard Power Supply ini adalah resistor R1, R2 dan R3, karena dari resistor-resistor ini besar tegangan keluaran yang dihasilkan IC LM317 ditentukan (3,3V dan 5V).
Nilai R3 adalah 240Ω, nilai ini bukan nilai resistor yang umum, jadi untuk mendapatkan nilai resistor tersebut kita bisa menggunakan dua resistor dengan nilai 220Ω dan 22Ω yangdirangkai seri sehingga total resistansi-nya menjadi 242Ω (mendekati 240Ω).
Jumper JP1 digunakan sebagai pemilih tegangan keluaran, jika JP1 dalam posisi terbuka maka tegangan keluaran yang dihasilkan adalah 5V, jika JP1 tertutup tegangan keluaran menjadi 3,3V.
Jumper JP2 digunakan sebagai sakelar on/off.

Daftar Komponen Breadboard Power Supply

  • R1 = 390Ω • R2 = 330Ω
  • R3 = 240Ω / 220Ω + 22Ω
  • R4 = 330Ω
  • C1 = 10uF / 25V (elco)
  • C2 = 100nF
  • D1 = 1n4004
  • LED1 = Led 3mm warna merah
  • IC1 = LM317
Lain-lain :
  • DC Jack
  • Pin Header - Male

Desain Layout PCB Breadboard Power Supply

Desain PCB disesuaikan dengan ukuran Breadboard yang saya gunakan (Pro-ject Board GL No. 15)
breadboardps6
breadboardps7
breadboardps8
breadboardps9

Hasil Pengukuran Breadboard Power Supply

Berikut ini gambar hasil pengukuran tegangan keluaran ketika JP1 pada posisi terbuka (Tegangan yang terukur 4,93V).
breadboardps10
Pada posisi JP1 tertutup tegangan yang terukur adalah 3,23V.
breadboardps11
Walau tegangan keluaran yang dihasilkan tidak benar-benar 5V dan 3,3V, tetapi ini masih dapat ditoleransi dan sudah sesuai dengan apa yang saya harap-kan :)

Spesifikasi Breadboard Power Supply

  • Tegangan input : 6-14V
  • Tegangan output : 3,3V dan 5V

Berkas Unduhan

0 Responses to "Breadboard Power Supply (3,3V dan 5V)"

Posting Komentar

Next Prev home