Modul LED Array Sederhana

Category:
Modul Led Array
Setelah beberapa waktu lalu Ilmu Elektronika menerbitkan artikel tentang LED, terbersit ide untuk membuat sebuah proyek rangkaian LED array sederhana yang dibuat dalam bentuk modul.
Modul LED array ini merupakan rangkaian LED yang disusun seri, terdiri dari tiga LED dalam satu modul. Modul ini menggunakan sumber arus konstan (Constant Current) sebagai sumber daya-nya.

Rangkaian Modul LED Array

modulledarray1
Rangkaian sumber arus konstan dibangun menggunakan IC LM317 (yang difungsikan sebagai regulator arus) dan R1. Nilai R1 menentukan besar arus yang mengaliri rangkaian LED seri.

Perhitungan Untuk Menentukan Besar Arus

Untuk menghitung besar arus yang dibutuhkan pada rangkaian Modul LED Array kita harus mengetahui berapa besar arus maju / forward current (If) LED yang digunakan, agar dapat menyala dengan aman (ingat LED sangat sensitif terhadap kelebihan arus).
LED yang digunakan adalah LED putih dengan If sebesar 25mA, untuk menentukan nilai R1 agar keluaran dari regulator arus (LM317) menghasilkan arus sebesar 25mA digunakan persamaan berikut ini.
R1 = 1,25 / If
  • R1 = 1,25 / (25 x 10-3)
  • R1 = 1,25 / 0,025
  • R1 = 50 Ohm

Perhitungan Untuk Menentukan Jumlah LED Maksimum

Di awal dijelaskan bahwa Modul LED Array ini hanya menggunakan tiga LED, lalu mengapa tidak empat atau lima LED saja? Ini karena LED memiliki Vf (Tegangan Maju / Forward Voltage) yang cukup besar.
Ingat total Vf harus lebih kecil dari Vs (sumber tegangan /catu daya), karena pada proyek ini saya menggunakan catu daya dengan tegangan keluaran 12V maka jumlah LED maksimum yang dapat di-handle adalah:
  • ∑LED Max = Vs / Vf
  • ∑LED Max = 12 / 3,2
  • ∑LED Max = 3,75 ≈ 3 LED
Untuk mempermudah perhitungan dalam membuat LED Array ini, Anda bisa menggunakan kalkulator LED Array Online berikut ini.

PCB Layout Modul LED Array

modulledarray2

modulledarray3

modulledarray4

modulledarray5

Spesifikasi Modul LED Array

  • Tegangan input (Vs) 12 VDC
  • Arus Total 25mA

Berkas Unduhan

0 Responses to "Modul LED Array Sederhana"

Posting Komentar

Next Prev home