Ada banyak model/circuit untuk membuat
charger, khususnya untuk aki motor dan mobil, setiap model mempunyai
alasan tersendiri dan punya argumen secara ilmiah.oleh para pembuat
circuit charger. model-model tipe rangkaian charger bisa dilihat pada
gambar seperti dibawah ini :
Keterangan :
untuk jenis trafo tipe CT yang beda anggaranya hanya jenis tipe diode, untuk Tipe Ct menggunakan diode satuan tipe 6 amper ke atas dua buah maksudnya biar lebih ekonomis, namun diode bridge pun dapat.digunakan.
untuk box bisa aja digunakan box bekas computer, kaleng biskuit biat lebih irit.
gambar diatas adalah posisi trafo pada gulungan primer dimana tertulis di trafo 0-110-125-220-240 volt
karena di Indonesia tegangan umum yang dipasok PLN 220 volt maka kita pilih tegangan 240 volt biar aman charger sesuai dengan kita yang rencanakan antara 7 s/d 10 amp
charger aki motor dan mobil udah selesai kapasitor bisa digunkan bisa
juga tidak, jika ingin menggunakan indikator amper meter kabel positip
dari diode dihubungkan ke lambang + amper meter selanjutnya conektor
amper meter symbol (-) dihubungkan ke aki positip untuk pengecasan.
Trafo tipe step down
Prinsip-prinsip Dasar Cas Aki
- aki adalah sumber listrik DC maka untuk pengecasannya dibutuhkan juga arus DC
- Tegangan arus DC charger harus lebih besar dari tegangan aki, contoh tegangan aki mobil/motor 12,65 volt, maka tegangan charger minimal 13,5 Volt maka arus listrik akan mengalir ke aki.
- mencas aki bukanlah memasukan arus listrik kedalam pelat aki, tetapi hanya membersihkan pelat aki dari sulfation dengan cara memasukan arus listrik agar pelat aki bersih kembali.
- ( lihat Teori Dasar Aki)
Dari berbagai gambar diatas saya buat modifikasinya, diantaranya seperti
pada gambar dibawah ini. Charger ini saya gunakan untuk
merekondisi/servis aki yang sangat ampuh dan sudah diuji dalam
labotarium Mitra Battery solutions tiga hari tiga malam charger
dibiarkan untuk merekondisi aki "soak".
Penjelasan Ilmiah Menggunakan Voltase Output Trafo 18 Volt
- penelitian saya terhadap trafo trafo yang beredar dan output tertulis 18, jika diukur dengan volt meter realnya hanya 15,5 s/d 16 volt, banyak faktor penyebabnya trafo itu sendiri atau tegangan PLN turun beberapa volt.
- menggunakan diode untuk merubah arus ac ke dc mengakibatkan turun tegangan sebesar 0,7 volt
- jadi perhitungannya 16 volt dikurangi 0,7 volt = 15,3 volt sangat ideal untuk mengecas aki dimana performa aki dalam keadan full 100% tegangan dapat mencapai 15,5 s/d 16 Volt
- Sekarang anda dapat mencoba dan membadingkan circuit-circuit yang ada di gambar berbagai situs selalu tertulis 12 volt.
Anggaran Buat Charger Tipe Trafo Nol : dan Trafo CT :
- Trafo 5 amper murni Rp. 150.000,
- Kabel untuk ke PLN Rp. 7.000,
- Sekering Komplit Rp. 3.000,-
- Saklar Rp. 3.000,
- Diode Bridge 35 amp Rp. 15.000,- Rp.2.000,- diode 5 amp 2 buah
- Ammeter 0-15 amp Rp. 40.000,-
- Kabel 5 meter Rp. 15.000,-
- Capit Buaya Rp. 5.000,-
- Timah 3 Meter Rp. 6.000.-
- Solder Rp. 25.000,-
- Box/Rumah Charger Rp. 50.000,-
================================================
Jumlah Rp. 319.000,- Rp. 309.000,-
Keterangan :
untuk jenis trafo tipe CT yang beda anggaranya hanya jenis tipe diode, untuk Tipe Ct menggunakan diode satuan tipe 6 amper ke atas dua buah maksudnya biar lebih ekonomis, namun diode bridge pun dapat.digunakan.
untuk box bisa aja digunakan box bekas computer, kaleng biskuit biat lebih irit.
langkah-langkah membuat charger mobil dan motor
posisi trafo 5 amper murni tipe 0 terlihat pada gulungan sekunder
output : 0-6-12-18-24-30-32-35 volt
karena di Indonesia tegangan umum yang dipasok PLN 220 volt maka kita pilih tegangan 240 volt biar aman charger sesuai dengan kita yang rencanakan antara 7 s/d 10 amp
merakit charger bagian gulungan primer :
- kabel untuk ke PLN ada dua buah satu kabel dihubungkan langsung ke trafo tertulis 240 volt
- satu kabel lagi konek ke sekering, output sekering ke konek ke trafo tertulis 0
Merakit bagian charger gulungan sekunder
seperti terlihat pada gambar dibawah ini
jika ada yang mau pesan charger, saya biasa jual Rp. 400.Ribu kontak ke 0852 -11175986
Keunggulan Charger :
Merakit Charger Untuk Dua Buah Aki Tanpa Switch
Tipe charger gambar dibawah ini bisa digunakan untuk satu dan dua buah aki, cukup dipindahkan kabelnya, jika ingin mencas dua buah aki pakai jalur kabel untuk dua buah aki, trafo yang digunakan minimal 5 ampere murni istilah toko elektronik disarankan pakai trafo bagus, pemakaian trafo lebih besar lebih bagus. sedangkan diode bridge minimal pakai 35 ampere.
Keunggulan Charger :
- sangat cocok mengecas aki motor dan mobil ukuran 32 s/d 120 amper
- dapat menditeksi aki baik dan buruk terditeksi pada indikator amper meter
- dapat digunakan untuk merekondisi aki kembali seperti baru
- dapat mengecas untuk jangka waktu lama 48 jam pengecasan
Merakit Charger Aki untuk dua aki
berikut ini saya sajikan schematic yang ingin membuat charger untuk dua aki , dalam hal ini switch dibutuhkan untuk memindahkan voltase dari 18 volt ke 32 VoltMerakit Charger Untuk Dua Buah Aki Tanpa Switch
Tipe charger gambar dibawah ini bisa digunakan untuk satu dan dua buah aki, cukup dipindahkan kabelnya, jika ingin mencas dua buah aki pakai jalur kabel untuk dua buah aki, trafo yang digunakan minimal 5 ampere murni istilah toko elektronik disarankan pakai trafo bagus, pemakaian trafo lebih besar lebih bagus. sedangkan diode bridge minimal pakai 35 ampere.
sekema charger satu atau dua buah aki |
Cara pakai charging satu buah aki |
Cara pakai charging dua buah aki |
0 Responses to "Cara Buat Charger Aki Motor dan Mobil"
Posting Komentar