Ada banyak cara yang dilakukan para seniman otomotif, dalam memodifikasi
kiprok alias regulator pengisian aki, dimana tujuan akhirnya adalah untuk menambah daya agar performa aki selalu dalam keadaan mantap ketika akan digunakan untuk memasok energi ke aksesoris tambahan misalnya lampu HID, sirine, lampu besar tambahan, dll.
Untuk menambah koleksi modifikasi kiprok di jagat otomotif, uncle zak akan memberikan warna baru dalam memodifikasi kiprok yang
sangat super sederhana, biaya murah, tepat sasaran dan siapapun bisa
melakukan modifikasi kiprok bagi yang membaca artikel ini. Jadi anda
orang paling beruntung yang pertama membaca artikel ini.dan sebarkan
informasi ini pada kawan-kawan.
Cara Kerja Alternator Motor
Energy listrik untuk mengisi aki, menerangi lampu dan memasok energy ke
CDI dihasilkan dari sebuah altenator, isi alternator motor nampak
seperti pada gambar dibawah ini, inti dari alternator motor terdiri
dari beberapa gulungan tembaga disebut juga stator dan dan magnet
permanent.disebut juga rotor, jika magnet berputar digerakan mesin
akan menginduksi stator maka dihasilkan listrik arus ac, seperti
listrik yang dipasok PLN.
mengingat energy listrik yang dihasilkan untuk kepentingan pengisian aki maka arus listrik dirubah dari ac (arus bolak balik ) menjadi arus DC (arus searah ) dengan menggunakan diode.
berhubung arus listrik yang dihasilkan alternator motor cukup besar dan voltase cukup tinggi jika langsung terhubung ke aki atau ke lampu, dimana dampaknya akan menyebabkan aki dan lampu cepat rusak, maka diperlukan sebuah regulator/kiprok, tujuan regulator ini agar pengisian ke aki dan ke lampu bisa seimbang. sesuai dengan kebutuhan.
mengingat energy listrik yang dihasilkan untuk kepentingan pengisian aki maka arus listrik dirubah dari ac (arus bolak balik ) menjadi arus DC (arus searah ) dengan menggunakan diode.
berhubung arus listrik yang dihasilkan alternator motor cukup besar dan voltase cukup tinggi jika langsung terhubung ke aki atau ke lampu, dimana dampaknya akan menyebabkan aki dan lampu cepat rusak, maka diperlukan sebuah regulator/kiprok, tujuan regulator ini agar pengisian ke aki dan ke lampu bisa seimbang. sesuai dengan kebutuhan.
Cara Kerja Kiprok / Regulator Pengisian Aki
Listrik yang dihasilkan dari alternator motor baik voltase dan arus
listrik untuk memasok energi ke aki maupun ke lampu dikendalikan oleh
sebuah alat yang bernama kiprok/regulator., cara kerja kiprok sangat
sederhana berdasasarkan basis Voltase contohnya jika voltase aki sudah
mencapai tegangan maksimal sebesar 14,2 volt, maka pasokan arus listrik
terhenti terputus., jika voltase aki masih dibawah angka tersebut maka
arus listrik tetap dipasok oleh kiprok.
seperti pada gambar dibawah ini rangkaian isi kiprok tipe single maupun 3 phase ketika motor dihidupkan komponen diode bridge langsung bekerja memasok energi ke aki yang dihasilkan alternator, ketika tegangan aki sudah mencapai setingan pabrik misalnya 13,5 atau 14,2, maka diode zener mulai aktip untuk membuka saluran gate SCR maka terhentilah pasokan listrik ke aki,atau mengecil, sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator.
Secara umum garis-garis besar haluan kabel motor dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini baik single pas maupun 3 phase.
garis besar haluan kabel tipe single phase |
garis besar haluan kabel tipe 3 phase |
Masalah Kurang Pasokan Energy Listrik dan seting voltase kiprok terlalu rendah
Buat yang hobi tambah aksesoris-aksesoris dimotor yang membutuhkan arus
listrik besar tentunya dilema tersendiri, tetapi setiap masalah pasti
ada obatnya, ada 101 cara untuk mengobatinya, berikut ini uncle zak
sajikan salah satu cara mengatasi kekurangan pasokan energi listrik dan
setingan voltase kiprok terlalu rendah, hanya dengan biaya Rp 2 ribu
s/d 3 ribu untuk menambah pasokan energi listrik. baik untuk single
phase maupun 3 phase.
Modifikasi Kiprok / Regulator voltage Model Uncle Zak
cara ini sangat sederhana hanya menggunakan dua buah diode seperti pada gambar dibawah ini ;hasil sangat mantap energi terus dipasok ke aki sampai kondisi aki full charge 100 %, namun tetap terkendali tegangan voltase.kiproknya.
cara kerjanya :
penambahan diode arah katoda menuju kiprok fungsinya untuk "membohongi diode zener" tegangan aki terpotong 0,6 volt oleh diode. dan diode zener pun belum aktip mengangap aki belum penuh.maka saluran gate SCR masih tertutup, diode bridge terus memasok energy listrik ke aki sampai tegangan 14,8 volt saat tegangan aki lewat angka tersebut maka diode zener mulai aktip membuka saluran gate SCR maka pasokan listrik ke aki terhenti atau mengecil.sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator
contoh misalkan setingan kiprok pabrik 14,2
Diode katoda arah aki fungsinya memasok energy listrik ke aki
Modifikasi Kiprok / Regulator voltage Model Uncle Zak
cara ini sangat sederhana hanya menggunakan dua buah diode seperti pada gambar dibawah ini ;hasil sangat mantap energi terus dipasok ke aki sampai kondisi aki full charge 100 %, namun tetap terkendali tegangan voltase.kiproknya.
cara kerjanya :
penambahan diode arah katoda menuju kiprok fungsinya untuk "membohongi diode zener" tegangan aki terpotong 0,6 volt oleh diode. dan diode zener pun belum aktip mengangap aki belum penuh.maka saluran gate SCR masih tertutup, diode bridge terus memasok energy listrik ke aki sampai tegangan 14,8 volt saat tegangan aki lewat angka tersebut maka diode zener mulai aktip membuka saluran gate SCR maka pasokan listrik ke aki terhenti atau mengecil.sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator
contoh misalkan setingan kiprok pabrik 14,2
Diode katoda arah aki fungsinya memasok energy listrik ke aki
Modifikasi Kiprok Lewat Jalur Kabel Positip
Modifikasi Tambah Tegangan 0,6 Volt
Modifikasi Penambahan tegangan pengisian aki 0,6 volt model single phase half wave |
Modifikasi Tambah Daya dan voltase 1,2 Volt
modifikasi tambah tegangan 1,2 volt |
Modifikasi Kiprok Lewat Kabel Negatip
Modifikasi Kiprok Half wave Tambah Tegangan 0,6 volt |
Modifikasi kiprok full wave tambah tegangan 0,6 volt |
modifikasi kiprok half wave tambah tegangan 1,2 volt |
Modifikasi kiprok full wave tambah tegangan 1,2 Volt |
Langkah-langkah modifikasi :
ukur terlebih dahulu voltase standar kiprok pabrik dengan alat voltmeter digital ukur tegangan aki, mesin hidupkan tancap gas amati volmeter, perhatikan tegangan aki jika maksimal 13,5 volt sebaiknya modifikasi tambah tegangan 1,2 volt. jika tegangan maksimal 14,2 s/d 14,4 sebaiknya modifikasi tambah tegangan 0,6 volt.
Keuntungan Modifikasi kiprok :
- kondisi aki dalam keadaan setiap saat full 100 %
- dapat memasok energy untuk aksesoris tambahan
- dapat perpanjang umur pakai aki (lihat Teori dasar Aki )
- Tarikan stater jadi enteng karena aki dalam keadaan full
- lampu besar lebih terang
- suara klakson lebih lantang
- mengurangi efek panas kiprok, karena mengurangi konek SCR dari jalur listrik ac (alternating current) ke masa/ground
- buat yang kiproknya mengalami masalah panas berlebih bisa memakai trik ini
Kerugiannya :
- ada pekerjaan baru setiap dua minggu sekali harus cek kondisi air aki harus diperiksa khusus aki basah
Model Modifikasi Tambah tegangan kiprok 1,2 volt |
Pengujian Penambahan Diode
Pengujian dilakukan pada motor honda supra fit tahun 2007
standar kiprok maksimal Voltase pengisian 14,30 volt
Pengujian Motor dalam keadaan kecepatan sedang Lampu Besar nyala |
Kecepatan Sedang Lampu besar dimatikan |
Mesin Kecepatan Sedang Lampu besar Mati |
Semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat automotive
0 Responses to "Cara Mudah Modifikasi Kiprok / Regulator Pengisian Aki Motor "
Posting Komentar