Cara Membuat PCB Bagian II

Category:
Yuuk kita lanjutin lagi bahasan tentang cara membuat PCB. Ini lanjutannya.
Sob, jika kita salah dalam meletakkan sambungan, maka PCB nantinya akan rusak. Dengan begitu dapat menyebabkan terbakarnya sebagian dari komponen, khususnya komponen yang berpolaritas. Sambungan dalam membuat jalur PCB diusahakan jangan terlalu panjang, tetapi buatlah sependek mungkin agar praktis dan tidak terlalu memakan tempat. Kita dapat mencontoh bentuk rangkaian yang telah terpasang di atas PCB. Bagaimana pun bentuknya, sekalipun sifatnya paling kompleks sekalipun, namun mampu tertampung di dalam papan PCB yang cuma kecil saja.
Untuk kaki komponen aktif seperti transistor, IC dan yang lainnya, usahakan dalam membuat jalurnya sebaiknya jalan terlalu berdekatan karena komponen ini sangat sensitif sekali jika terkena panas. Oleh sebab itu untuk menjaga hal yang tidak diinginkan maka antara kaki transistor yang satu dengan transistor yang lainnya dibuat agak berjauhan. Hal ini untuk menjaga agar tidak cepat terkena panas yang bisa merusak komponen itu pada waktu menyolder kaki komponen tersebut.
Dengan demikian untuk jenis komponen transformator seperti OT dan IT jaraknya harus jauh dari sambungan atau lubang tempat penempatan kaki transistor. Apabila desain telah dibuat sedemikian rupa dan tak ada yang salah, maka baru gambarnya siap untuk dipindahkan ke atas kertas milimeterblock. Dengan adanya kertas itu memudahkan Anda dalam membuat desain tata letak komponen yang nantinya gambar itu akan dipindahkan ke atas lembaran PCB yang masih polos.
Oke Sob, sekarang kita melangkah ke pembuatan film plate yang merupakan film negatif dan positif yang nanti akan digunakan di dalam proses pembuatan PCB.
Proses pembuatan film positif ini berkaitan langsung dengan pembuatan PCB sebab skema rangkaian yang ada di dalamnya itu nantinya harus dipindahkan ke atas papan pertinacs. Proses selanjutnya adalah proses pelarutan tembaga dengan menggunakan bahan kimia. Semua gambar desain dari layout mulai dipindahkan ke atas kertas tipis tembus pandang yang disebut dengan kertas transparan.
cara melakukan tata letak papan PCB, jarak kaki relay di pcb, rangkaian elektronika menggunakan ic

0 Responses to " Cara Membuat PCB Bagian II"

Posting Komentar

Next Prev home