Rangkaian Kontrol Loudness

Category:


Rangkaian Kontrol Loudness. Untuk mendapatkan sebuah reproduksi audio yang baik pada tingkat pendengaran yang berbeda, pengaturan nada-kontrol yang berbeda diperlukan untuk menyesuaikan dengan perilaku telinga manusia. Bahkan, kepekaan telinga manusia bervariasi dalam cara mendengar  melalui pita frekuensi.
Pendekatan sederhana untuk masalah ini dapat dilakukan dengan memasukkan Rangkaian Kontrol Loudness dalam tahap Preamplifier, mampu memvariasi secara otomatis respon frekuensi dari seluruh rantai audio  sehubungan dengan posisi kenop kontrol, untuk menjaga kondisi pendengaran yang ideal berdasarkan tingkat pendengaran yang berbeda .

Daftar komponen yang diperlukan :
P1_________________10K   Linear Potentiometer ( Stereo)
R1,R6,R8__________100K   1/4W Resistors
R2_________________27K   1/4W Resistor
R3,R5_______________1K   1/4W Resistors
R4__________________1M   1/4W Resistor
R7_________________20K   1/2W Trimmer Cermet
C1________________100nF   63V Polyester Capacitor
C2_________________47nF   63V Polyester Capacitor
C3________________470nF   63V Polyester Capacitor
C4_________________15nF   63V Polyester Capacitor
C5,C9_______________1µF   63V Electrolytic or Polyester Capacitors
C6,C8______________47µF   63V Electrolytic Capacitors
C7________________100pF   63V Ceramic Capacitor
IC1_______________TL072 Dual BIFET Op-Amp
SW1________________DPDT Switch (four poles for stereo)
Untungnya, telinga manusia tidak terlalu penting, sehingga rangkaian agak sederhana dapat memberikan kinerja yang memuaskan melalui range 40dB.
Rangkaian Kontrol Loudness ini ditunjukkan dengan SW1 dalam posisi  “kontrol-datar”, yaitu tanpa Kontrol  Loudness  Otomatis. Dalam posisi ini rangkaian bertindak sebagai tahap Preamplifier linier, dengan gain tegangan yang ditetapkan oleh sarana Pemangkas R7. Switching SW1 dalam posisi berlawanan menjadi Kontrol Loudness  Otomatis dan respon frekuensi bervariasi sehubungan dengan posisi kenop kontrol. C1 meningkatkan frekuensi rendah dan C4 meningkatkan yang lebih tinggi. Peningkatkan maksimum pada frekuensi rendah dibatasi oleh R2; R5 melakukan hal yang sama pada frekuensi tinggi. rangkaian skema alat kontrol otomatis

ref

0 Responses to "Rangkaian Kontrol Loudness"

Posting Komentar

Next Prev home