Rangkaian Monitor Tegangan

Category:
Rangkaian monitor tegangan adalah rangkaian elektronik yang berfungsi untuk memonitor suatu sumber tergangan agar selalu dalam kondisi optimal, apabila sumber tegangan yang dimonitor oleh rangkaian ini mengalalmi penurunan level tegangan sampai batas toleransi maksimum yang diijinkan oleh rangkaian monitor tegangan ini maka rangkaian akan memberikan sinyal indikator berupa nyala lampu LED. Rangkaian monitor tegangan ini dapat digunakan untuk memonitor sumber tegangan DC. Aplikasi dari rangkaian monitor tegangan ini dapat ditemuai pada rangkaian-rangkaian emergency dan berfungsi untuk memberikan informasi tegangan sumber yang digunakan dan untuk memberikan perintah untuk pengisian atau charge batere yang digunakan. Rangkaian monitor tegangan ini sangat sederhana dan dapat berfungsi secara optimal. Untuk membuat rangkaian monitor tegangan ini dapat dilihat skema rangkaian dan komponen yang digunakan sebagai berikut.

Gambar Rangkaian Monitor Tegangan

Rangkaian monitor tegangan,Gambar Rangkaian Monitor Tegangan,memonitor tegangan,alat monitor tegangan,harga monitor tegangan,monitor tegangan dc,indikator tegangan dc,memonitor tegangan dc,skema monitor tegangan,harga alat monitor tegangan,kit rangkaian monitor tegangan
Rangkaian monitor tegangan pada gambar diatas dibangun dengan sebuah penguat operasional (Op-Amp) yang diseting sebagai komparator atau pembanding. Rangkaian monitor tegangan ini dibuat menggunakan penguat operasional 741 , pembagi tegangan referensi dan indikator LED. Pada rangkaian monitor tegangan tersebut dilengkapi potensiometer untuk mengatur tegangan toleransi atau batas tegangan yang diijinkan. Apabila rangkaian monitor tegangan ini mendeteksi tegangan batere rendah maka lampu LED akan menyala untuk meberikan indikasi tegangan rendah. Rangkaian monitor tegangan ini dapat dioperasikan dengan sumber tegangan DC 6 volt hingga 15 volt. Pada saat setelah selesai perakitan perlu dilakukan seting tegangan referensi dengan cara mengatur posisi tuas  potensiometer sesuai kebutuhan.

0 Responses to "Rangkaian Monitor Tegangan"

Posting Komentar

Next Prev home