Rangkaian Lampu Berjalan Dengan Transistor

Category:
Rangkaian lampu berjalan adalah rangkaian elektronik sederhana yang berfungsi untuk mengontrol nyala lampu membentuk tampilan berjalan. Rangkaian lampu berjalan dengan transistor ini dapat digunakan untuk mengendalikan nyalakan lampu LED maupun lampu bolam DC. Rangkaian lampu berjalan ini dapat dioperasikan dengan sumber tegangan DC 12 volt hingga 24 volt sesuai beban yang digunakan. Untuk membuat rangkain lampu berjalan dengan transistor ini dapat dilihat skema rangkaian dan komponen yang digunakan seperti pada gambar berikut.

Gambar Rangkaian Lampu Berjalan Dengan Transistor

Rangkaian lampu berjalan,Rangkaian Lampu Berjalan Dengan Transistor,membuat rangkain lampu berjalan dengan transistor,Gambar Rangkaian Lampu Berjalan Dengan Transistor,Komponen Rangkaian Lampu Berjalan Dengan Transistor,rangkaian lampu berjalan,rangkaian lampu berjalan sederhana,rangkaian lampu berjalan murah,cara buat rangkaian lampu berjalan,merakit rangkaian lampu berjalan,cara membuat rangkaian lampu berjalan,seting rangkaian lampu berjalan,aplikasi rangkaian lampu berjalan,memasang rangkaian lampu berjalan,harga rangkaian lampu berjalan,jual rangkaian lampu berjalan,kit rangkaian lampu berjalan,rangkaian lampu berjalan rakitan,skema rangkaian lampu berjalan,pcb rangkaian lampu berjalan,modifikasi rangkaian lampu berjalan,variasi rangkaian lampu berjalan

Daftar Komponen Rangkaian Lampu Berjalan Dengan Transistor

  • R1 = 1K5
  • R2 = 680R
  • C1 = 47µF   25V
  • D1 = LED
  • Q1 = BC337
  • P1 = SPST
  • LP1 = Lampu 12 atau 24V
Rangkaian lampu berjalan dengan transistor pada gambar diatas dapat ditambah hingga jumlah lampu yang diinginkan, rangkaian lampu berjalan dengan transistor pada gambar diatas sederhana,mudah diaplikasikan dan mudah dalam modifikasinya.
Periode nyala lampu pada rangkaian lampu berjalan dengan transistor diatas ditentunkan oleh waktu pengisian dan pengosongan kapasitor C1. Kecepatan pengisian dan pengosongan kapasitor C1 pada rangkaian lampu berjalan diatas akan semakin cepat apabila nilai kapasitor semakin kecil, dan akan semakin lambat apabila nilai kapasitansi kapasitor C1 semakin besar. Untuk penggunaan beban berupa lampu DC maka perlu diperhitungkan daya lampu yang digunakan dengan kapasitas transistor dalam mengalirkan arus pada kolektor emitor transistor yang digunakan.Apabila digunakan beban lapu daya besar maka transistor yang digunakan juga harus disesuakan kemudian dipasang pendingin (heatsink) karena transistor tersebut akan mengeluarkan panas.


0 Responses to "Rangkaian Lampu Berjalan Dengan Transistor"

Posting Komentar

Next Prev home