Rangkaian Kontrol Nada

Category:
Gambar skema Rangkaian Kontrol Nada beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian Kontrol Nada ini sebetulnya merupakan bagian dari penguat yang sangat memegang peranan yang penting sekali di dalam menentukan kualitas hi-fi yang dihasilkan perangkat audio. Sebab itu tidak mengherankan kalau suatu kontrol nada selalu dirancang  sedemikian rupa agar bisa menghasilkan kualitas yang optimal. Karena dengan kualitas dan susunan dari komponen yang memadai, maka setidaknya akan mempunyai suatu bentuk yang dapat diandalkan.
Rangkaian Kontrol Nada yang disajikan kali ini tidak begitu sulit kalau hendak merakit sendiri. Selain komponennya mudah didapat, juga didesain sedemikian rupa sehingga memenuhi mutu dan kualitas yang tinggi. Sedangkan dasar dari rangkaiannya adalah IC tipe LM 833 yang merupakan produksi Nasional Semikonduktor. IC ini mempunyai dua gerbang op-amp. Op-amp dari IC ini tentu saja mempunyai kelebihan tersendiri. Antara lain noisenya sangat rendah, penguatan lebar tinggi cukup tinggi serta slew rate cuma sekitar 7 V/us.

Komponen-komponen yang diperlukan :
Resistor : R1 – R6   =  10K
R7 – R12  =  1K8
R13 – R15 =  100K
Kondensator : C1       =  2u2
C2        =  1nF
C3        =  56nF
C4, C6 =  4n7
C5         =  22nF
C7, C8 =  100nF
Semikonduktor : A1 dan A2 = IC LM 833
Keluaran output dari A1 sebesar O Volt. Hal ini sesuai dengan tegangan DC yang diperlukan A2. Selanjutnya untuk op-amp A2 membentuk umpan balik sederhana dengan tiga jalur pengontrol karena dimana setiap frekuensi diatur dan ditentukan oleh nilai-nilai dari kapasitor 200 Hz – 2 KHz.
Sedangkan untuk redaman maksimum dari rangkaian ini adalah sekitar 16 dB. Hal ini dapat kita lihat dari peletakan ketiga potensiometer yang ada pada posisi tengah. Dengan pengaturan seperti ini akan didapat suatu perbandingan lebih baik dari 90 dB pada lebar bidang 1 MHz. Rangkaian Kontrol Nada ini dapat menghasilkan penguatan O dB dengan jalan mengubah nilai tahanan R2.

ref

0 Responses to "Rangkaian Kontrol Nada"

Posting Komentar

Next Prev home